Cara Meningkatkan Omzet Bisnis dengan Beriklan secara Online

    Cara Meningkatkan Omzet Bisnis dengan Beriklan secara Online

    Cara Meningkatkan Omzet Bisnis. Bila anda memiliki usaha online, berjualan produk, jasa atau yang lain-lainnya, saya kira hambatan paling utama adalah menarik calon pembeli yang memang tertarik membeli produk anda.

    Saya kenal beberapa orang yang berjualan produk melalui internet namun saya selalu menekankan pada mereka bahwa pendapatan mereka akan jauh lebih besar bila melakukan investasi dengan strategi marketing yang unik.

    Salah satu strategi agar jasa atau produk kita dikenal orang adalah membuat website tersendiri. Ini bisa dilakukan secara lebih profesional (dengan domain sendiri, layout website yang customized), namun tak sedikit juga yang mengelola website dengan domain gratisan seperti di multiply.com atau blogspot.com. Bukan berarti mereka tidak profesional (banyak juga kok yang meraup pendapatan dari online marketing via domain gratisan), namun saya pikir sangat lebih unique bila memiliki domain sendiri.

    Nah, inti dari tulisan ini adalah, saya ingin menyemangati para pedagang online bahwa sebenarnya omset anda bisa lebih jauh ditingkatkan dengan trik trik tertentu. Salah satu trik mujarab adalah dengan melakukan strategi advertising dengan mengikuti program pay per click (PPC). 

    Apa itu PPC?

    PPC merupakan singkatan dari pay per click dan ini adalah sebuah bentuk marketing yang sudah dikenal lama dikalangan online marketer. Pada dasarnya seorang advertiser (pengiklan) dapat melakukan promosi produk dengan mendaftarkan iklannya  melalui broker advertising (perantara). Dengan tarif tertentu, seorang advertiser bisa menampilkan link ke situs yang diinginkan dan link ini akan ditampilkan oleh broker di situs-situs penerbit. Tentunya broker yang kompeten akan menjaga kevalidan link agar tidak terjadi fraud click (klik yang disengaja dengan maksud ingin cepat mendapatkan penghasilan).

    Nah, saat ini yang paling terkenal memang adalah Google Adsense. Sebuah program PPC yang digulirkan google dan telah menguntungkan banyak advertiser dan penerbit dari seluruh dunia! Google Adsense memang sangat cocok bila pasar produk, jasa atau layanan anda, dan calon klien anda adalah di luar negeri.

    Untuk regional di Indonesia, bisa juga menerapkan strategi PPC advertising via Google, namun dengan tarif lebih murah anda juga bisa melakukan strategi yang sama di situs-situs lokal dengan target market yang berorientasi di Indonesia. Saat ini banyak sekali layanan PPC lokal.

    Bentuk iklan PPC sebenarnya cukup banyak. Anda bisa beriklan dengan murah meriah melalui text link advertising  namun saya pikir anda akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dengan menampilkan iklan yang berbentuk gambar. Sebetulnya ini tergantung Anda dan pastikan anda bijak dengan budget/pengeluaran advertising anda.

    Salah tips untuk sukses dalam melakukan advertising adalah melihat layanan mana yang paling potensial untuk jualan anda. Pastikan anda memilih layanan dengan keamanan yang bagus, stabil dan terpercaya. Kualitas penerbit yang bergabung di bawah broker2 tersebut juga mesti dianalisa. Biasanya parameter yang perlu anda lihat adalah Alexa traffic yang mencerminkan jumlah pengunjung situs2 penerbit dan juga Google Pagerank(Walau sebenarnya bukan patokan yang wajib).

    Kenapa harus PPC?

    salah satu teknik untuk mengundang seseorang kepada website kita adalah dengan membayar iklan melalui sistem PPC (singkatan dari Paid per Click). Bila anda berbisnis dengan menjual e-book ataupun produk dan jasa lainnya saya kira salah satu strategi mendatangkan calon pembeli adalah dengan membeli advertising di PPC. banyak sekali penyedia jasa PPC yang dapat anda pilih seperti Google Adwords, bidvertiser (perusahaan luar negeri), adsentra.com dll.

    Bila memang anda sudah memilih PPC sebagai langkah marketing anda maka ada beberapa hal yang berpengaruh dalam efektifitas memasang iklan online melalui PPC.Dalam memasang iklan di PPC, kita dihadapkan pada dua pilihan. Beriklan melalui iklan teks dan iklan gambar. Jika dilihat kecenderungan yang terjadi, sebenarnya beriklan dengan iklan gambar lebih menguntungkan karena anda dapat menarik calon pembeli secara visual melalui banner yang anda buat, sementara iklan teks, dihadapkan pada permasalahan untuk menyusun kalimat atau pernyataan iklan yang mampu menarik minat pembeli.

    Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap efektifitas iklan produk bisnis Anda, yakni sejauhmana iklan yang anda buat mampu membangkitkan minat calon konsumen. Bisa saja anda menawarkan sesuatu yang menarik seperti diskon ataupun mengangkat kelebihan dari produk yang anda jual. 

    demikanlah yang dapat penulis sampaikan mengenai cara meningkatkan omzet bisnis dengan beriklan secara online. salam sukses untuk semuanya.


    LihatTutupKomentar