Cara Mambuat Soto Ayam Yang Enak, Step by Step

    Cara Mambuat Soto Ayam Yang Enak 

    resep soto ayam

    Cara mambuat soto - apakah anda sedang mencari tahu cara membuat soto yang enak? Apakah anda ingin tahu step by step langkah membuat soto dan cara memasaknya dengan baik dan benar? Kalau jawabanya iya anda sedang berada di tempat yang tepat karena kami akan menyajikan cara membuat soto yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan rasa soto yang sesuai dengan harapan kamu. Untuk membuat soto yang enak dan lezat tidak terlalu sulit. Namun demikian kete;litian dalam memasak soto akan mempengaruhi dari hasil akhir memasak soto yaitu rasa yang khas yaitu rasa segar yang nikmat yang menjadi dambaat seluruh keluarga kamu.


    Cara membuat soto patut di ketahui oleh para ibu dan remaja putri yang ingin memanjakan orang oarang yang di cintai dengan masakan tradisional yang lejat. Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara memasak soto ada baiknya kita mengetahui apakah yang di maksud dengan soto? Well yang di maksud dengan soto adalah makanan tradisional yang biasanya berbahan dasar ayam dengan segala rempah rempah yang di sajikan sekalian dengan kuahnya. Soto adalah makanan favourite banyak orang. Hampir bisa di pastikan bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia pasti pernah memakan soto karena soto memang enak dan banyak tersedia tidak hanya di rumah rumah makan tapi juga banyak di sajikan di rumah sabagai hidangan dan menu rutin sehari hari.


    Seperti kita ketahui ada berbagai macam jenis soto. Negara kita memang kaya akan budaya dan juga berbagai jenis masakan tradisional yang tentu bisa memanjakan lidah kita. Soto sendiri ada berbagai macan jenis, seperti;soto lamongan soto lombok soto betawi dan masih banyak lagi lainya. Soto menjadi makanan favourite bagi banyak orang


    CARA MEMBUAT SOTO – KENAPA SOTO POPULER?


    Seperti Sudah kita singgung di atas bahwa soto sangat populer di masyarakat. Cara membuat soto sendiri bisa berbeda dari satu daerah dengan daerah lain. Cara memasak dan cara panyajian yang berbeda membuat soto memiliki ke khasan sendiri di setiap daerah. Apapun nama danbagai mana cara memasaknya soto selalu di hidangkan dengan banyak kuah karena memang soto adalah jenis makasn yang berkuah.


    Ada beberapa alasan kenapa kenapa soto bisa begitu populer di masayakat. Alasan soto begitu populer di masyarakat bisa di simpulkan sebagai berikut:

    a) Soto memiliki rasa yang khas segar dan memang enak;

    Kebanyakan makanan tradisional Indonesia bisa bertahan dan di gemari oleh masyarakat secara turun temurun karena memiliki rasa yang khas. Untuk rasa soto saya piker belum ada yang bisa mengalahkan dalam segio rasa. Memang ada beberapa masakan yang mirip dengan soto dari negara lain tapi bagi saya sebagai penggemar makanan readisional soto masih merupkan makanan terbaik saya.

    b) Rasa soto tidak membosankan.

    Tidak dapat di pungkiri bahwa bagi penggemar soto sejatio seperti penulis bisa mengatakan bahwa rasa soto tidak pernah membosankan. Kenapa rasa soto tidak membusankan : Makan soto tidak membosankan karena beberapa hal di antaranya:

    1. Bila anda memasak soto di tumah anda bisa membuat soto dan di sajikan dengan berbagai macam bahan tambahan seperti telur toge dan lain sebagainya. Dengan variasi yang berbeda maka akan mengasilkan rasa yang berbeda pula. Untuk itu makan sioti tidak akan pernah membosankan.
    2. Bila anda membeli soto, anda bisa membeli soto yang berbeda. Yang saya maksud di sini adalah anda bisa membeli berbagai macam jenis soto dalam kesemopatan yang berbeda sehingga anda tidak akan bosan. Hal ini di mungkinkan karena banya variant soto yang bisa anda beli di antaranya:
    • Soto lombok.
    • Soto lamongan.
    • Soto betawi.
    • Soto madura.
    • Dan masih banyak lagi jenis jenis soto yang bisa anda coba.
    3. Soto bisa di konsumsi kapan saja, Soto juga terasa nikmat di konsumsi dengan makan pokok kita nasi. Soto adalah masakan flexible yang bisa di konsumsi oleh semua orang di dalam setiap kesempatan.

    c) Soto sangat cocok untuk menjamu orang dalam jumlah besar.

    ada kalanya kita harus menjamu orang dalam jumlah besar misalnya seperti dalam acara hajatan, arisan maupun pesta ulang tahun dan lain sebagainya. Dengan menghidangkan soto maka para undangan merasa puas, dan andapun tidak ribet karena memasak soto relative mudah dan tidak membutuhkan biaya terlalu mahal.

    Hal hal tersebut di ataslah yang membuat soto begitu popular di masyarakat. Soto adalah bagaian dari budaya karena soto sebenarnya adalah budaya itu sendiri karena soto selalu hadir dalam kehidupan kita sehari hari.


    CARA MEMBUAT BERBAGAI MACAM JENIS SOTO.


    Seperti telah kita ketahui bersama bahwa ada berbagai macam jenis soto yang bisa kita buat. Kita akan coba kupas cara membuat beberapa jenis soto karena tidak mungkin untuk membaha sato persatu di sini. Namun demikian anda masih bisa mengikuti cara mambuat soto jenis lain di sajian kami berikutnya. Selamat mengikuti.


    Cara Membuat Soto Ayam


    Soto ayam memang sangat terkenal. Soto ayam sebenarnya adalah soto dasar. kenapa saya sebut soto dasar karena dari soto ayam inilah bisa di buat macam variasi cara memasak dan cara menyajikan sehingga terlahir berbagai macam jenis soto seperti yang kita sebutkan di atas, Bila anda ingin membuat berbagai macam jenis soto anda harus bisa membuat soto ayam terlebih dahulu.

    Untuk membuat soto ayam kita harus tahu bahan bahan yang di butuhkan dan cara memasaknya. Selamat mengikuti.


    Bahan Bahan Membuat Soto Ayam.


    Untuk membuat soto ayam di perlukan bahan bahan sebagai berikut:

    • Satu ayam utuh yang sudah di bersihkan satu ekor.
    • Kol yang masih segar 200 gram.
    • Tauge yang sudah di rebus sebentar.
    • Kentang yang di kukus kupas lalu di goren sabanyak 4 buah.
    • Tomat dua buah.
    • So'un yang di rendam di dalam air panas sebanyak 50 gram.
    • Telur rebus 3 buah. air sebanyak 2 liter.
    • Bawang goreg secukupnya.


    Bahan Bumbu Membuat Soto Ayam:

    • Daun jeruk 3 lembar saja.
    • Daun salam sebnyak 2 lembar saja.
    • Batang serai 2 batang.
    • Daun bawang satu batang.
    • Lengkuas 25 gram.
    • Minyak goring dua sendok makan.
    • Bumbu yang di haluskan:
    • kunyit 5 gram.
    • kemiri 4 buah saja.
    • bawang merah sedang 3 buah.
    • jahe 15 gram
    • bawang putih 2 siung.
    • merica setengah sednok the.
    • garam 2 sendok makan.


    Langkah Membuat Soto Ayam.


    Untuk membuat soto ayam ikutilah langkah langkah di bawah ini secara berurutan:

    1. Bumbu yang sudah di haluskan di tumis sampai keluar aroma dan bau harum.
    2. Ayam di rebus di dalam panic/panci yang sudah berisi air panas. Perebusan ini selain untuk mematangkan ayam juga biar bumbu merasuk ke dalam daging ayam. Untuk itu bumbu halus harus di masukan seperti Lengkuas, daun salam dan serei juga di masukan bersama dan di masak sampai ayam empuk. Minimal memasak ayam adalah 30 menit dan boleh lebih tergantung besarnya api dan kerasnya daging ayam. Bila ingin cepat anda bisa mengunakan panci presto.
    3. Rasakan kuahknya bila kurang enak anda bisa menambahkan dengan merica dan garam sesuai dengan selera.
    4. Bila sudah matang angkat dan daging ayam di pisahkan dari tulangnya.
    5. Dagingv ayam di sisihkan sementara tulang ayam di masukan ke dalam panci lagi.
    6. Daun bawang di masukan ke dalam kuah tadi.
    7. Panaskan lagi kuah bila ingin menghidangkan soto.

    Cara Menghidangkan Soto Ayam.


    Menghidangan soto ayam menjadi seni tersendiri karena perpaduan bahan penyajian membuat soto ayam mengundang semua orang untuk menyantapnya. Untuk menghidangkan soto ayam ikutilah langkah langkah sebagai berikut:

    1. Ambil mangkok dan letakan kol, tauge, irisan kentang, sohun, daging ayam dan tomat yang sudah di sediakn sebelumnya.
    2. Didihkan kuah soto lalu di siramkan ke dalm mankok.
    3. Bila anda suka tambahkan bawang goring dan jruk nipis di atasnya.
    4. Siap di hidangkan dengan emping, kecap manis, krupk dan sambal cuka.
    5. Demikianlah cara membuat soto ayam semoga mengisnpirasi anda untuk kemudian mencoba sendiri di rumah.

    Cara Membuat Soto Ayam Kuning.

    Resep Soto Ayam Kuning

    Soto ayam kuning seperti apakah soto ayam kuning? Well Soto ayam kunisng sebenarnya adalah soto ayam biasa tapi kuah dan ayamnya berwarna kuning. Kuah dan ayam yang berwarna kuning karena pengaruh kunyit yang ada dalam bahan dasar membuat soto ayam kuning. Secara kasat mata memang Cuma warna kuning yang membedakan dengan soto ayam biasanya. Tapi begitu anda mncicipi rasa soto ini anda baru sadar ternyata soto ayam kuning memang berbeda, Soto ayam kuning lebih terasa harum dan lebih lezat.

    Untuk membuat soto ayam kuning sebenarya tidak terlalu susah kerana dasar pembuatanya juga tidak jauh beda dengan soto ayam biasany dan Cuma ada sdikit berpedaan dalam hal bumbu dan cara pembuatanya. Beikut kami sajikan cara mambuat soto ayam kuning untuk anda.


    Bahan Bahan untuk Membuat Soto Ayam Kuning.


    Untuk membuat soto ayam kuning di perlukan bahan bahan sebagai berikut:

    1. Sediakan ayam satu ekor.
    2. Air jruk nipis.
    3. Memarkan satu batang serai.
    4. Satu setengan liter air.
    5. Daun jeruk tiga lembar.
    6. Lengkuas 3 cm memarkan.
    7. Satu sendok makan garam.
    8. Satu sendok the gula pasir.
    9. Minyak untuk menimis sebanyak 2 sendok makan.
    10. Bahan bahan yang di haluskan:
    • bawang putih 4 siung sedang.
    • Bawang merah empat butir.
    • Merica setengah sendok the.
    • Kunyit 2 sintimeter.
    • Kemiri yang sudah di sngrai 4 biji sedang.
    • Bahan pelengkap soto ayam:
    • so'un yang sudah di seduh dengan air panas.
    • Iris halus doun kol,
    • Telur rebus di potong.
    • Iris tipis daun bawang.
    • Jeruk nipis penghilang amis.


    Langkah Membuat Soto Ayam Kuning.


    Untuk membuat soto ayam kuning ikutilah langkah langkah sebagai berikut:

    1. Ayam di cuci bersih lalu di lumuri dengan jeruk nipis dan harus di diamkan selama 15 menit biar jeruk nipis merasuk ke dalam daging ayam lalu di cuci lagi dan di tiriskan.
    2. Ayam dan daun jeruk, serei, lenguas, gula garam di masukan ke dalam panci dan di masak sampai matang dan empuk.
    3. Bumbu halus di tumis dengan minyak sampai harum lalu di masukan ke dalam kuah.
    4. Untuk meyajikan suwir daging ayang di tata dalam mangkok di tambah dengan so'un, kol lalu di tuangi dengan kuah soto yang masih panas. Taburi bawang goring di atasnya dan di kasih jeruk nipis.

    Begitulah cara mambuat soto ayam kuning. Semoga manambah pengetahuan anda dan apabila anda punya waktu anda bisa mencobanya di rumah.

    Demikianlah para pambaca semua ulasan kita hari ini tentang cara mambuat soto. Seperti telah kita singgung di atas masih banyak lagi jenis jenis soto yang bisa kita sajikan untuk anda.

    LihatTutupKomentar