Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar : Mulai Dari Ide Sampai Contoh Artikel

    Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar Mulai Dari Ide Sampai Contoh Artikel


    Cara membuat artikel yang baik dan benar akan hasilkan artikel yang berkualitas. Seperti kita kenali jika membuat artikel atau menulis artikel ialah hal yang kerap kita kerjakan dalam aktivitas setiap hari. Mahasiswa dan siswa kerap membuat artikel karena ada tugas dari dosen atau dari guru. Banyak profesional menulis artikel untuk sampaikan kreasi dan pikirannya. 

    Karena itu kita harus ketahui cara membuat artikel yang benar dan baik. Memang betul jika tingkat kreasi menulis warga Indonesia, masih tidak cukup. Karena itu mari kita awali dari diri sendiri untuk mulai rajin menulis article. Dengan menulis article membuat daya berpikir dan imajinasi pemikiran kita berkembang. Disini pentingnya menulis artikel dan karena itu kita harus tahu bagaimanakah cara menulis artikel yang benar dan baik.

    Langkah menulis artikel sendiri tidak susah khususnya untuk mereka yang telah terlatih menulis artikel. Akan tetapi seperti banyak orang yang jarang-jarang atau tak pernah menulis membuat artikel tentu saja bisa menjadi satu rintangan tertentu. Menulis artikel terlihat gampang tetapi agar bisa menulis artikel yang berkualitas karena itu di butuhkan beberapa trik dan tips. 

    Jika anda yang alami kesusahan dalam menulis artikel, anda tak perlu cemas karena kami akan bahasa di sini mengenai langkah cara menulis artikel yang benar dan baik hingga anda segera dapat menulis artikel secara baik hingga artikel anda menghasilkan artikel yang berkualitas dan gampang untuk dibaca.dan di ketahui oleh pembaca.

    Saat sebelum kita mengambil langkah lebih jauh mengenai bagaimana cara membuat artikel sebaiknya kita ketahui apa sich yang dimaksud dengan artikel itu. Makna dari artikel sendiri sesungguhnya benar-benar bermacam karena tiap pakar akan memberi pemahaman yang lain mengenai artikel. 

    Akan tetapi kita bisa diambil kesimpulan pada dasarnya jika artikel ialah cerita bukti yang di catat oleh penulis artikel dengan arah untuk mendidik, selingan dan pengutaraan informasi. Artikel umumnya akan di muat dibuka, majalah Koran, web atau jurnal ilmiah tertentu. Karena pemahaman artikel sangat luas anda juga dapat memberikan pemahaman artikel dari pemikiran mana anda menyaksikan artikel tersebut.

    CARA MEMBUAT ARTIKEL DAN JENIS JENISNYA.

    Seperti kita kenali jika artikel sengaja di catat dengan tujuan tujuan tertentu dari si penulis yang berkaitan. Disini kita bisa juga mengambil ringkasan jika artikel juga bisa di kelompok kan dalam beberapa macam yang mencakup:

    A. Artikel deskripsi

    Artikel deskripsi ialah artikel yang berisi mengenai kisah akan suatu hal peristerit, benda atau hal. Langkah menulis artikel deskripsi anda harus usaha membuat pembaca anda seakan-akan melihat kejadian, hal atau benda yang anda catat.

    B. Artikel cerita atau yang sering disebut dengan artikel narasi:

    Artikel cerita ialah artikel yang berisi mengenai narasi faktual atau fiksi mengenai satu kejadian atau peristiwa yang terjadi pada periode waktu tertentu. Dalam artikel cerita umumnya si penulis akan mengusung figur yang alami permasalahan atau perselisihan yang manjadi bahan khusus penulisan artikel fiksi tersebut. Artikel cerita dapat berbentuk:

    a. artikel narasi bukti yang dapat mencakup:

    • Biografi.
    • Autobiografi.
    • Memoar.

    b. artikel narasi fiksi bisa mencakup:

    • Artikel narasi fiksi berbentuk cerpen.
    • Narasi berlanjut.
    • Narasi gambar
    • Dan lain-lain.

    C. Artikel Eksposisi.

    Artikel exposisi ialah artikel yang berisi tantang keterangan atau rincian dari satu topik ulasan yang umumnya di catat dengan arah untuk memberi pengetahuan dan info ke pembaca artikel tersebut. Dalam artikel exposisi si penulis akan usaha menerangkan satu topik ulasan dengan memakai beberapa alat seperti statistik, gambar diagram dan lain-lain.

    D. Artikel argumentasi.

    Artikel argumentasi ialah artikel bermaksud untuk memberikan dan menunjukkan kebenaran dari satu opini. Dalam artikel argumentasi si penulis akan ajukan data dan bukti sebagai alat bukti untuk menujukan kebenaran dari gagasannya Saat anda menulis artikel ini anda harus membuat beberapa pambaca akan opini anda. Pasti tidak dapat di kerjakan secara memaksakan tetapi harus di sampaikan argumentasi, data dan bukti yang memberikan dukungan hingga pembaca anda sepakat dengan opini anda.

    E. Artikel persuasi.

    Artikel persuasi ialah artikel yang di catat dengan arah untuk mempengarui sang pembaca article untuk lakukan suatu hal yang diinginkan oleh si penulis artikel. Saat anda menulis artikel persuasi anda harus memberikan keyakinan beberapa pembaca anda untuk lakukan suatu hal.sebuah hal. Karena itu anda harus memakai kalimat dan kata yang pas hingga pembaca anda akan lakukan suatu hal yang anda harapkan.

    Demikian beberapa macam artikel yang perlu kita ketahui. Dengan pahami bermacam jenis tipe artikel kita segera dapat membuat artikel yang bagus dan yang seperti dangan arah dari penulisan artikel yang berkaitan.

    CARA MEMBUAT ARTIKEL DAN TIPS PEMBUATANNYA.

    Untuk membuat artikel pasti anda harus memiliki kekuatan menulis yang bagus. Kekuatan menulis sendiri menurut saya bukan satu hal yang terkait dengan kepandaian karena kekuatan menulis menurut saya ialah satu keterampilan. Jika anda tidak memiliki kekuatan menulis yang bagus anda akan susah menulis artikel yang bagus. 

    Segi bagusnya ialah jika anda dapat latih skills menulis anda dengan kerap sering menulis. Beberapa orang pandai dan brilian yang tidak bisa menulis tentu akan kesusahan tuangkan gagasan yang ada dalam kepalanya berbentuk tulisan. Disini keutamaan kita untuk belajar menulis dan menulis berulang kali akan membuat anda jadi seorang penulis artikel yang andal. Menjadi penulis artikel yang bagus coba turuti langkah-langkah penulisan artikel di bawah.

    sebelum mengetahui cara menulis artikel yang benar sebaiknya kamu mengetahui dulu mengenai pentingnya ide ide artikel berdasarkan sudut pandang artikel bawah ini.

    10 Sudut Pandang Ide Artikel Dalam Pembuatan Artikel

    1. Overview – Memberikan gambaran dasar dari ide asli Anda, bagaimana atau di mana ia berasal, serta apa relevansi yang berlaku untuk niche Anda, untuk siapa, dan mengapa.
    2. Menengah – Diskusikan konsep yang lebih kompleks dari ide Anda, seperti jargon niche yang relevan dan dijelaskan dengan kata-kata Anda sendiri, tren saat ini, dan/atau pro vs kontra.
    3. Lanjutan – Pertimbangkan prinsip-prinsip ide asli Anda – mengapa hal tersebut begitu penting dan apa dampak yang Anda dan para pembaca dapatkan di niche ini. Memberikan bukti dan contoh untuk mendukung klaim Anda.
    4. Asumsi – hadirkan asumsi pembaca Anda tentang konsep di balik ide Anda. Apakah asumsi itu benar atau salah? Bantulah pembaca Anda untuk menyelesaikan hambatan dan mengatasi praduga yang ada.
    5. Panduan – Menyediakan artikel “cara...”, panduan langkah-demi-langkah, atau mendiskusikan apa yang pembaca atau klien perlukan (atau perlu dilakukan) dalam rangka melakukan tugas atau mencapai tujuan yang relevan dengan ide brilian Anda.
    6. Ulasan – Jelaskan produk atau layanan yang terkait dengan ide Anda. Memilih fitur dan hal-hal yang membuat produk atau jasa lebih menonjol yang terkait sangatlah bagus.
    7. FAQ – Mengungkapkan kepada pembaca Anda pertanyaan yang paling sering diajukan terkait dengan ide Anda melalui forum mencari, komentar di situs media sosial, pencarian internet, dan banyak lagi. Memberikan pertanyaan dan kemudian jawaban Anda.
    8. Opini – Menyediakan kritik (yaitu latihan penilaian) dan memberikan bukti, seperti anekdot pribadi atau contoh yang mendukung klaim Anda. Jadilah informatif tanpa memberikan prasangka promosi atau komentar negatif.
    9. Perbandingan – Bandingkan ide Anda terhadap praktek-praktek lain, klaim, dll kesamaan penawaran. Jadilah deskriptif yang mampu menghadirkan hal yang unik.
    10. Futuristik – Selama penelitian atau penulisan, mungkin wawasan Anda telah diasah dengan hal-hal baru yang terkait dengan ide asli Anda. Kemudian memberikan prediksi yang logic kepada pembaca.

    Perlu diingat ada 3 kunci untuk memastikan Anda sukses dalam membuat artikel:

    1. Persiapan : Gunakan garis besar artikel dari setiap sudutnya masing-masing untuk mencegah persilangan artikel.
    2. Ringkas : Batasi artikel Anda dalam Jumlah kata untuk menjaga minat dan untuk sindikasi.
    3. Orisinalitas : Pastikan setiap artikel adalah unik, yaitu kontennya bukan ulangan dari beberapa artikel.

    Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

    A). Bikinlah daftar gagasan.

    Saat anda ingin menulis sebuah artikel apa saja tipe artikel itu pasti sudah ada banyak gagasan yang ada dalam kepala anda. Gagasan itu harus anda mengumpulkan dan anda catat supaya tidak lupa. Dengan menulis gagasan di selembar kertas ada peluang anda akan ada gagasan iode baru (pengalaman sendiri).

    B) Bangun gagasan yang telah ada.

    Gagasan yang telah anda punyai mempunyai peran penting karenanya gagasan iotu akan tercetus gagasan ide lain. Jika gagasan yang lain terkait dengan gagasan bertama ada anda harus usaha untuk menyambungkanya. Di sini umumnya akan mucul gagasan ide yang lain tentu saja akan perbanyak gagasan yang tentu saja angat bagus untuk penulisan artikle anda.

    C). Seleksi Ide Anda.

    Banyak gagasan memang bagus untuk menulis artikel karena dengan jumlahnya gagasan anda bisa menulis artikel anda lebih dalam. Akan tetapi anda pun harus menyortir gagasan anda yang telah terkumpul. Kebanyakan gagasan akan membuat tulisan anda tidak konsentrasi. Karena itu penyeleksian lah gagasan yang terkait satu dang lainnya secara berurut. Jika hubungan tidak begitu kuat singkirkan saja gagasan itu terkecuali bila memang anda ingin membuat artikel yang besar sekali.

    D) Tulis Artikel Secara Cepat.

    Penulisan Article harus di catat secara tepat. Kalimat dan kata yang di pakai harus lah kalimat dan kata yang suatu hal.sebuah hal. Besarnya artikel juga bergantung dibanding apa yang anda harapkan dari artikel anda itu. Ada bus menulis artikel dengan lingkup yang paling luas di aman hasil akhirnya artikel anda ialah artikel yang besar sekali. Beberapa pakar merekomendasikan tidak untuk menulis artikel begitu besar tetapi jika memang ahsan artikel atau topik artikel memang betul anda harus membuat artikel yang besar juga.

    E) Memilih Judul yang Tepat

    Judul artikel penting. Karena itu anda harus pilih judul artikel yang tepat. Judul artikel anda tentu saja harus terkait berisi artikel anda. Upayakan judul artikel anda benar-benar tetapi demikian mengundang dan membuat orang ingin tahu akan isi dari artikel tersebut.

    F). Susunan Penulisan Artikel yang Baik dan Benar.

    Untuk mempermudah beberapa pembaca mengikut jalur dari artikel anda, pemakaian, alinea, tanda baca. [penomoran dan sinyal tanda lainnya sangat di butuhkan. Membaca artikel tanpa alinea akan membuat pembaca anda pusing dan malas untuk meneruskan membaca.

    G) Ide dan Karya Sendiri.

    Artikel yang bagus ialah artikel yang asli dan sebagai hasil kreasi anda sendiri dan jika anda harus terpaksa ambil beberapa dari tulisan orang ain anda harus memberikan sumber dari tulisan itu.

    H) Baca Ulang Artikel yang Sudah Di Tulis.

    Saat anda telah usai membuat artikel anda harus membaca kembali dan mengkoreksi baik kalimat isi tanda baca dan segala hal yang menurut anda kurang prima. Dalam banyak peluang anda akan berasa jika ada gagasan yang masih belum anda saran dalam artikel itu dan atau ada sesuatu hal yang semestinya di buang. Itu keutamaan membaca kembali dan mengorek sang artikel yang telah jadi sebelumnya terakhir dibaca oleh pembaca anda.

    Dengan mengikut beberapa panduan di atas anda akan gampang dapat hasilkan satu artikel yang nikmat dibaca dan berkualitas. Penulisan artikel memang membutuhkan keterampilan menulis yang bagus tetapi dengan latihan banyak menulis akan membuat anda jadi seorang penulis artikel yang bagus.

    Cara Membuat Artikel yang Bermanfaat Untuk Pembaca 

    Seperti kita ketahui bahwa artikel adalah sebuah karya ilmiah yang sengaja di tulis untuk membahas suatu topik atau masalah. Karena merupakan suatu karya ilmiah maka artikel harus di tulis secara professional, logis dan pembahasan suatu topik dengan tuntas. Dalam dunia online membuat artikel adalah hal yang menjadi rutinitas bagi setiap webmaster untuk mengisi website yang di kelola nya.

    Ketika anda sedang membuat artikel maka anda harus mempromosikan diri sebagai seorang pembaca yang sedang mencari informasi. Dengan demikian anda harus menyajikan sebuah article yang benar benar berguna bagi pembaca. Untuk membuat artikel yang bermanfaat anda bisa mengikuti langkah langkah pembuatan artikel berikut ini:

    a. Menentukan sebuah topik.

    Sebelum anda memulai menulis artikel hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan topik. Dari topik inilah artikel anda bisa berkembang. Jadi anda harus menentukan topi yang bisa di kembangkan. Dalam hal ini menulis topik yang anda kuasai adalah sangat di anjurkan

    b. Menentukan Kerangka Article.

    Untuk memudahkan anda menulis secara lengkap dan mencakup semua materi yang akan anda bahas, anda harus membuat kerangka artikel tentang poin poin apa saja yang anda ingin sampaikan. Pada tahapan ini sangat penting sekali anda memperhatikan kebutuhan informasi seperti apa yang di butuhkan Consumer. Bila anda ingin membahas topik yang besar-dan sangat detail tentu anda harus membuat kerangka artikel yang besar pula yang akan memudahkan anda untuk mengembangkan tulisan anda

    c. Penulisan Artikel.

    Ketika anda menulis artikel anda harus menentukan seberapa besar artikel anda dan berapa jumlah kata yang anda harus gunakan. Bila topik pembahasan terlalu besar maka anda bisa membagi topik tersebut dalam beberapa bab yang memungkinkan para pembaca untuk membaca dengan nyaman.

    d. Publikasi di situs anda.

    Langkah terakhir tentunya adalah mempublikasikan artikel anda. Perlu di pahami di sini bahwa mungkin anda harus membaca ulang artikel anda sebelum anda terbitkan

    Demikian ulasan kita mengenai cara membuat artikel yang baik dan benar. Mudah-mudahan dengan tulisan di atas anda bisa menulis artikel yang berkualitas berdasarkan penulisan artikel yang baik dan benar. Untuk membuat artikel bagi pemula tentu perlu dilaksanakan berulang kali. Makin anda banyak menulis artikel makin bagus kualitas artikel yang anda catat. Selamat mempraktikkan.

    LihatTutupKomentar