Cara Membuat Donat Empuk dan Lezat

    Cara Membuat Donat Empuk dan Lezat


    Cara membuat donat, begitulah yang ada di benak para remaja putri dan ibu ibu terutama ketika sedang menyantap kue donat yang legit dan lezat baik di pesta pesta maupun hasil dari membeli di gerai gerai donat yang hampir ada di seluruh penjuru kota di Indonesia. Kue donat adalah kue yang sangat popular tidak hanya di Negara kita Indonesia tetapi juga di banyak Negara Negara di belahan dunia yang lainya. Kue donat menjadi kue global yang di sukai orang hampir dari semua golongan masyarakat dari strata yang berbeda. Cara membuat kue donat selalu di cari oleh orang yang gemar membuat kue terutama para ibu dan remaja putri. Membuat kue donat tidak terlalu susah apabila anda tahu cara membuat kue donat yang benar.

    Cara membuat kue donat harus di ketahui apabila anda ingin di sebut sebagai orang yang pintar membuat kue. Bagaimana mungkin seseorang yang pintar membuat kue tapi tidak tahu cara membuat donat, padahal donat adalah kue yang sangat popular di seluruh dunia. Dengan mengetahui cara membuat donat yang benar anda akan di akui kehebatan anda dalam hal membuat kue baik oleh orang orang yang anda cintai maupun teman dan kenalan anda. Untuk itu anda harus tahu cara membuat donat yang benar. Bila anda sedang mencari tahu bagai mana cara membuat donat, anda berada di tempat yang tepat karena kita akan bakas donat dari segala aspek termasuk cara membuat donat yang nikmat dan lejat.

    CARA MEMBUAT DONAT | SEJARAH TENTANG DONAT.

    Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara membuat donat ada baiknya kita mengetahui tentang apa itu donat dan bagai mana sejarahnya. Yang di maksud donat di sini adalah kue yang berbahan dasar dari tepung yang di goreng dan mempunyai lubang di tengahnya. Saya yakin semua pasti tahu tentang apa itu donat. Bukan hanya karena kue donat sangat popular tapi juga kue donat memiliki ciri khas yang mungkin jarang di temui di kue jenis lain yaitu kue yang ada lubang di tengahnya. Itulah kue donat.

    Patut untuk di ketahui bahwa donat adalah makanan yang bukan asli dari Indonesia. Donat adalah kue yang sangat popular di Indonesia tapi berasal dari luar negeri. Sejarah tentang donat masih menjadi perdebatan hangat sampai detik ini. Kenapa sih asal usul kue saja sampai menjadi perdebatan hangat? Will mungkin karena donat adalah jenis kue global sehingga banyak kepentingan di sana. Lalu sejarah tentang donat itu bagaimana?

    Sejarah tentang donat di mulai ratusan tahun yang lalu. Dipercaya bahwa donat itu di bawa oleh orang belanda ke Amerika utara. Ada yang bilang bahwa donat sebenarnya berasal dari inggris. Saya sendiri tidak tahu mana sebenarnya cerita yang sebenarnya. Kata donut atau donat berasal dari bahasa inggris yaitu doughnut dan orang Amerika merubah nya menjadi donat. Seperti kita ketahui banyak bahasa English british yang spellingnya ribet dan di sederhana kan donut. Sementara ketika di Indonesia kata itu menjadi donat. Semua berbeda tapi tetap memiliki arti yang sama yaitu membicarakan kue goreng bolong tengah itu.

    Terus kenapa kue donat bolong di tengah. Menurut sejarah kue donat mempunyai lubang di tengah karena ada alasannya. Seorang kapten kapal dari Denmark bernama Hanson Gregory mempunyai kebiasaan makan kue goreng sambil mengemudikan kapalnya. Ketika sedang mengemudikan kapalnya ia suka menaruh/menumpuk kue yang di lobangi di tengahnya di dalam kemudi kapal. Lama kelamaan ia memerintahkan sang juru masak kapal untuk melubangi kue goreng nya sehingga ia bisa dengan mudah menumpuk di kemudi kapal. Sang kapten kapal juga menyuruh juru masaknya untuk melobangi kuenya karena sang juru masak kurang baik dalam membuat kue sehingga bagian tengah menjadi masih empuk. Agar bagian tengahnya juga garing

    KUE DONAT KUE YANG SANGAT POPULER.

    Tidak dapat di pungkiri bahwa kue donat adalah kue yang sangat popular tidak hanya di Indonesia tapi juga di Negara Negara di belahan dunia yang lain. Semua kalangan baik tua dan muda menyukai kue donat. Saya yakin anda pasti juga penggemar kue donat. Bila anda bukan penggemar kue donat pasti anda tidak akan membaca artikel saya sejauh ini.

    Lalu kenapa kue donat begitu fenomenal begitu mengglobal? Well, kue donat menjadi sangat popular di sebabkan oleh beberapa faktor

    1) Donat kue praktis di bawa kemana mana.

    1. Betul kue donat adalah kue yang praktis di bawa ke tempat manapun yang anda mau. Kue donat sangat pas di masukan kotak kertas atau pun plastik dan siap dibawa kemana anda pergi tanpa takut basah atau berceceran Keu donat bisa di bawa ke:
    2. ke kantor sebagai bekal bila anda lapar di kantor.
    3. Bekal sekolah anak. Dari pada anak jajan di luar yang tidak jelas kebersihan dan kualitas makanan mendingan anda membuatkan kue donat untuk bekal sekolah.
    4. Untuk rekreasi. Bila anda sedang berekreasi baik dengan teman atau keluarga ada baiknya anda membawa bahkan kue donat kenapa demikian karena:

      • Kue donat itu mengenyangkan sehingga bisa untuk menahan lapan.
      • Kue donat di sukai hampir semua orang termasuk keluarga anda tentunya.
      • Membawa kue donat tentu membawa nilai lebih dalam hal prestise. Tidak lucu kalau rekreasi membawa kue nagasari( tanpa bermaksud merendahkan kue tradisional karena penulis adalah penggemar kue tradisional sejati).

    2) Rasa kue donat yang lezat.

    Tidak dapat di pungkiri bahwa rasa kue donat memang khas dan lezat sehingga banyak orang yang mengingat rasa dari kue donat dan akhirnya mancari atau membelinya lagi itulah hal yang akan di lakukan oleh pencinta kue donat sejati termasuk saya. Saat ini kue donat di buat dengan berbagai macam kreasi topping seperti keju, coklat meses dan lain sebagainya. Apabila anda perhatikan apapun toppingnya bentuk kue donat tidak pernah berubah yaitu selalu bolong di tengah. Bukan di sebut kue donat kalau tidak bolong di tengah.

    3) Kue donat mudah di dapat di mana mana.

    Karena kue donat banyak di suka maka dengan sendirinya mudah di dapat. Sesuatu yang banyak di cara dan di suka orang maka kue itu akan di sediakan di banyak tempat. Anda bisa makan kue donat dari.

    -Toko toko kue yang selalu bisa di pastikan menjual kue donat karena menjual kue donat sangat menguntungkan.

    – Di acara acara pesta pernikahan atau acara hujatan juga sering di sediakan hidangan kue donat dengan kue lainnya.

    - Kue donat juga sering di hidangkan di rumah rumah. Bila anda berkunjung ke rumah teman saudara atau sahabat bisa aja anda di hidang kue kesukaan anda kue donat.

    CARA MEMBUAT BERBAGAI MACAM KUE DONAT.

    Seperti kita ketahui bersama banyak ibu dan remaja putri yang ingin tahu cara membuat berbagai macam jenis kue donat. Bila anda bisa membuat kue donat yang enak anda akan di kagumi oleh orang orang yang nada cintai. Kita akan sajikan cara membuat berbagai macam kue donat yang bisa anda buat di rumah anda. Membuat kue donat tidak terlalu sulit asal anda tekun dan teliti anda akan bisa menghasilkan kue donat yang sempurna. Bila anda ingin membuat donat yang lezat maka anda perlu memperhatikan hal hal mendasar sebagai berikut.

    • Dari segi bahan.

    Untuk membuat kue donat yang enak anda harus mempersiapkan bahan yang lengkap. Bahan bahan yang di sediakan harus lengkap karena bila kurang perlengkapan bahan akan mempengaruhi hasil akhir dari pembuatan donat.

    • Takaran.

    Untuk membuat kue donat yang lezat seperti yang di harapkan maka takaran dari semua bahan haruslah di perhatikan. Takaran yang salah akan mempengaruhi donat dari segi rasa dan tekstur dari kue donat bila sudah jadi.

    • Cara membuat.

    Urutan cara membuat dan langkah langkah pembuatan kue donat sangat penting dalam membuat donat. Cara memasak yang tepat akan menghasilkan kue donat yang sempurna seperti yang anda harapkan.

    Itulah hal hal yang perlu di perhatikan ketika anda ingin membuat kue donat yang enak. Berikut adalah cara membuat donat yang lezat.

    1. Resep kue donat Coklat Enak dan Empuk

    a) Bahan Kue Donat Coklat Enak.

    Untuk membuat kue donat bahan bahan yang harus di sediakan adalah sebagai berikut:

    1. Sediakan tepung terigu yang berprotein tinggi sebanyak 300 gram.
    2. Sediakan tepung yang berprotein sedang sebanyak 100 gram.
    3. Ragi instan sebanyak satu sendok teh
    4. Susu bubuk 15 gram.
    5. Gula pasir sebanyak 40 gram
    6. Telur satu butir.
    7. 325 ml air es.
    8. Margarin 30 gram.
    9. Garam satu sendok teh.
    10. Minyak secukupnya untuk menggoreng.

    - Bahan Donat Empuk, penutup:

    1. Coklat di lelehkan sebanyak 200 gram.
    2. Mesis coklat 250 gram.

    b) Cara membuat dan langkah langkah membuat kue donat.

    1. Tepung terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir di aduk sampai benar benar merata sempurna. Setelah teraduk dengan sempurna tambahkan air es sedikit sedikit sambil terus di uleni sampai benar benar kalis lalu margarin dan garam di
    2. masukan dan di uleni sampai elastis setelah itu baru di diamkan selama 15 menit.
    3. Adonan di kempeskan dan timbang masing masing menjadi 40 gram taruh dalam loyang dan di taburi tepung terigu dan biarkan sampai mengembang
    4. Goreng dalam minyak yang sudah di panaskan dan tunggu sampai matang angkat dan di tiriskan
    5. Setelah tiris di masukan ke dalam coklat, leleh dan di taburi dengan mesis sesuai dengan selera.

    2. Resep Kue Donat Enak

    a) Bahan Membuat Kue Donat Enak

    1. Tepung terigu sebanyak 300 gram.
    2. Margarine 2 sendok makan.
    3. Susu cair hangat sebanyak 150 ml.
    4. Ragi instant 5.5 gram.
    5. Kuning telur 3 butir di kocok
    6. Bahan olesan:

    • Mesis/coklat beras secukupnya.
    • Coklat masak pekat yang di lelehkan.

    Cara Membuat Donat Empuk.

    1. Ragi dan tepung terigu di campur rata.
    2. Telur dan margarin di tambahkan dan di uleni sampai rata.
    3. Susu di tuangkan sedikit demi sedikit terus di uleni sampai benar benar kalis sempurna lalu bulat kan adonan dan taruh di tempat yang hangat sampai mengembang sampai dua kali ukuran semula.
    4. Kempis kan adonan dan bagi menjadi 12 bagian. Bentuk dengan tangan sehingga tengah nya lubang.
    5. Panaskan minyak goreng dalam panci dan goreng sampai matang. Tanda donat telah matang apabila warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.
    6. Setelah matang di angkat lalu di tiriskan dan permukaan donat di olesi dengan coklat dan di taburi dengan mesis sesuai selera anda.
    7. Kue donat siap di hidangkan.

    3. Resep Kue Donat Lembut.

    a) Bahan untuk Membuat Kue Donat Lembut.

    1. Tepung terigu protein tinggi sebanyak 500 gram.
    2. Gula pasir 100 gram.
    3. Garam setengah sendok teh.
    4. Kuning telur 2 buah.
    5. Mentega sebanyak 100 gram
    6. Susu cair dingin sebanyak 250 ml.
    7. Ragi instant 11 gram
    8. Baking powder sebanyak seperempat sendok teh.

    b) Cara Membuat Donat Resep Donat Lembut.

    1. yang harus di campur jadi satu adalah gula pasir, tepung terigu, ragu instant dan garam di aduk dengan rata.
    2. kuning telur di tambahkan lalu di aduk sambil di remas remas hingga berbentuk butiran butiran halus.
    3. Mentega di tambahkan sambil terus di remat sampai merata.
    4. Susu di tuangkan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis sempurna dan licin dan tidak lengket di tangan biasanya di lakukan selama 15 menit. Bulatkan adonan lalu tutuplah dengan kain basah untuk di diamkan selam satu jam.
    5. Adonan lalu di bagi menjadi 30 bagian bulat bola dan di diamkan selam satu menit lalu di lobangi dengan jari akan lebih mudah melubangi adonan dengan cetakan donat. Terus di goreng dengan minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu. Api untuk menggoreng usahakan kecil saja. Bila sudah masak angkat dan di tiriskan.
    6. Kue donat siap di hidangkan. Sebelum di hidangkan anda bisa memberi coklat
    7. dan mesis kalau anda menyukainya.

    Demikianlah sajian dari kami berupa ulasan yang mendalam tentang cara membuat donat. Semoga sajian kali ini bisa menambah wawasan anda tentang donat dan bagaimana cara membuat donat yang baik dan benar. Untuk mengikuti ulasan yang lain tentang donat anda bisa mengikuti pada sajian artikel berikutnya.

    LihatTutupKomentar