Cara Membuat Kue Basah Istimewa

    Cara Membuat Kue Basah Istimewa

    Cara mambuat kue basah harus di ketahui oleh para ibu ibu dan para remaja putri yang menyukai membuat kue. Seperti kita ketahui kue basah sangatlah popular di masyarakat karena pada prinsipnya kue basah adalah kue yang sehat untuk di konsumsi untuk semua jenis umur. Kenapa kita katakan kue basah adalah kue yang sehat karena kue basah adalah kue yang tidak tahan lama. 

    Sehingga ketika kue sudah bertahan tiga hari harus di buang karena sudah tidak layak untuk di konsumsi. Beda dengan kue jenis yang lain yang bisa bertahan berhari hari bahkan berbulan bulan. Kue seperti ini bisa aja mengandung bahan pengawet. Kue yang lama tidak di konsumsi dan tidak terbungkus dengan kedap udara bisa mengundang banyak penyakit.

    KUE BASAH DI MASYARAKAT

    Kue basah sangat popular di masyarakat. Anda bisa dengan mudah membeli kue basah di toko toko kue. Kue basah juga bisa di temui dengan mudah di pasar pasar tradisional. Kue basah juga dengan mudah di buat di rumah. Di beberapa daerah kue basah di buat dalam jumlah besar ketika ada orang hajatan. Penyajian kue basah di dalam hajatan atau acara acara yang lain sangatlah umum di lakukan. Pembuatan kue basah yang tidak terlalu sulit memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat yang ingin menjamu banyak tamu dengan hidangan kue basah yang enak dan lezat.

    Pembuatan kue basah oleh orang yang sedang melaksanakan hajatan (terutama di daerah daerah) sudah sangat umum dan popular. Hal ini di lakukan karena selain pembuatan kue basah yang mudah, pembuatan kue basah tentunya mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Coba kita bayangkan kalau orang di daerah yang harus menjamu ratusan orang dengan kue kue bering hasil beli di toko, tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan membuat kue basah sendiri tentu akan lebih menguntungkan dalam sisi ekonomi.

    BISNIS KUE BASAH

    Business kue basah tidaklah asing di masyarakat. Mengingat permintaan kue basah yang tinggi, business kue basah sangatlah menjajikan. Bila anda memiliki keahlian dalam membuat kue basah, lahan business masih terbuka lebar. Kenapa saya bilang demikian? permintaan kue basah selalu tinggi bukan hanya dari orang orang yang akan menjamu banyak orang tapi juga untuk di konsumsi sehari hari. Kebanyakan dari kita pingin semua praktis. Kita yang sibuk biasanya tidak mempunyai waktu untuk membuat kue, dan biasanya akan datang ke toko kue basah untuk membeli kue yang di inginkannya. Untuk itu business kue basah selalu manjanjikan.

    KUE BASAH DAN SEGALA MACAMNYA

    Seperti kita ketahui ada berbagai macam kue basah yang biasa di buat di masyarakat. Kue kue basah yang beraneka rasa tentu di buat dari berbagai macam jenis bahan membuat kue basah dengan cara pembuatan yang berbeda. Untuk bisa membuat kue basah tidak di perlukan keahlian khusus. Asal kita tekun dan telaten kita bisa membuat kue basah yang enak dan lezat. 

    Tentu bagi pemula dalam pembuatan kue, anda harus rajin praktek dan terus praktek. Untuk pertama kali membuat kue basah mungkin anda belum bisa menghasilkan kue yang nikmat lezat seperti yang anda harapkan. Dengan banyak melakukan trial dan error anda akan bisa membuat berbagai macam kue basah dengan rasa yang sempurna. 

    Kue basah mempunyai sifat sifat tertentu yang melekat pada kue tersebut. Sifat yang harus di perhatikan dalam kue basah adalah bahwa kue basah tidak dapat bertahan lama. Karena sifatnya yang basah kue kue ini hanya mampu bertahan maksimal 3 hari. Lebih dari tiga hari kue kue itu biasanya sudah tidak layak untuk di konsumsi. Bahkan ada beberapa kue basah yang rasa dan aromanya sudah berbeda walaupun belum mencapai usia tiga hari. Dalam hal anda harus berhati hati anda harus perhatikan apakah kue basah tersebut masih layak di konsumsi atau sudah waktunya untuk di buang.

    Kue basah terdiri berbagai macam. Setiap macam kue basah di buat dengan bahan yang berbeda dan cara pembuatanya pun berbeda pula. Kami akan sajikan berbagai macam jenis kue basah dan cara pembuatanya. Kue kue basah yang akan kami sajikan cara pembuatanya di sini adalah kue kue basah yang sangat umum dan mudah untuk membuatnya. 

    Setelah membaca berbagai macam jenis kue basah dan pembuatanya diharapkan anda bisa langsung memulai praktek membuat kue basah ini. Karena ini adalah resep kue kue basah sederhana yang mudah untuk di praktekan. Namun demikian apabila anda mengikuti cara cara pembuatan yang baik dan benar, di jamin anda akan dapat menghasilkan beberapa jenis kue basah yang sehat lezat untuk seluruh anggota keluarga anda. Berikut akan kami sajikan beberapa cara pembuatan kue basah yang popular di masyarakat.

    A. CARA MEMBUAT KUE BASAH – PUDING

    Puding ialah semacam dessert atau makanan pembersih/pencuci mulut yang paling populer dalam masyarakat. Rasa pudding yang fresh dan sedap membuat orang menyenangi pudding. Jika anda pencita pudding anda tentu sudah mengetahui bagaimana enaknya makan pudding. Karena itu sebaiknya anda dapat membuat pudding sendiri. Berikut kami suguhkan seperti mana langkah membuat pudding yang nikmat dan sedap. Saat sebelum anda membuat pudding anda harus kumpulkan bahan bahan yang di butuhkan.

    1. Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pudding.

    Untuk membuat pudding yang nikmat di perlukan bahan bahan membuat membuat pudding yang lengkap seperti sebagai berikut:

    1. Gula untuk pemanis sebanyak 2/4 gelas
    2. Tepung jagung atau maizena sebanyak 1⁄4 gelas.
    3. Coklat tawar sebanyak 1/3 cangkir.
    4. Susu 2.5 gelas
    5. Kuning telur dari 4 telur yang besar
    6. Mentega tawar setengah sendok potong kecil
    7. Extrak vanilla satu sendok.

    2. Langkah Langkah Pembuatan Pudding Vanilla

    • Langkap pertama yang harus di lakukan adalah memanaskan air tapi tidak sampai mendidih.
    • Gula, tepung maizena garam dan bubuk coklat di masukan air yang belum mendidih tadi.
    • Sambil mengaduk adonan hingga larut, di tempat lain, kuning telur di kocok hingga merata.
    • Kuning telur yang sudah di kocok di masukan ke dalam adonan di tambah dengan setengah susu yang belum di tuangkan.
    • Aduk adonan pelan pelan sampai menggelembung, ketika sudah menggelembung kecilkan apinya.
    • Setelah menunggu sekitar satu menit berikan bubuk vanilla untuk menambah rasa yang di butuhkan.
    • Setelah benar benar dingin pudding siap unutk di hidangkan kepada keluarga.

    Demikianlah cara membuat pudding yang benar. Cara mambuat pudding di atas adalah cara mambuat puding vanilla, tentu masih banyak puding rasa lain. Bila ada waktu kami akan sajikan cara pembuatan puding dengan rasa lain di lain kesembatan. Selamat mencoba.

    B. CARA MEMBUAT KUE BASAH – SERABI


    Kue serabi adalah kue basah yang terkenal. Kue serabi ialah terhitung tipe kue basah yang terkadang disebut dengan kue srabi atau surabi. Tampilan kue serabi serupa mirip dengan pancake. Berbeda dengan pancake yang umumnya dibuat dari tepung terigu, kue srabi umumnya dibuat dari tepung beras. Kemungkinan itu yang membandingkan dari pancake. Kue serabi dapat di sajikan degan dan tanpa kuwah.. Untuk bikin kue serabi tidak begitu susah. Untuk bikin kue serabi harus disiapkan bahan bahanya dahulu.

    1. Bahan Membuat Kue Serabi.

    Untuk membuat kue serabi di perlukan bahan bahan sebagai berikut:

    1. 550 cc santan yang setara dengan setengah butir kelapa sedang.
    2. 250 mg tepung beras
    3. Parut dan kukus 1⁄2 tua kelapa
    4. Peresan daun pandan 50 cc( untuk memberi warna pada serabi.
    5. Garam secukupnya
    6. Kinca sesuai selera
    7. Bahan Yang di Rebus Meliputi:
    8. 50 cc santan kental, satusisir gula jawa
    9. daun pandan 1 lembar, garam secukupnya
    10. Nangka yang di potong kecil kecil

    3.Langkah Pembuatan Serabi.

    • Santan di rebus sambil di aduk perlahan sampai mendidih lalu dibiarkan sampai hangat.
    • Tepung beras, kelapa dan garam di aduk sampai rata.
    • Air pandan dan santan di tuangkan sedikit demi sedikit sambil di aduk membetuk adonan. Adonan di pukul pukul sampai kelihatan licin. Lama membuat adonan ini biasanya sekita 30 menit.
    • Di perlukan wajan dari tanah liat untuk mencetaknya. Wajan tanah liat di olesi minyak sedikit biar tidak lengket. Tuangkan dua sendok adonan ke dalam wajan tanah liat.
    • Tutup wajan tanah liat dan tunggu sampai matang
    • Bila sudah matang di hidangkan hangat hangat dengan kinca.

    Demikian sajian dari kami berupa cara mambuat kue basah. Pada bagian akhir kami sajikan cara membuat puding dan cara membuat serabi. Silahkan pergi ke sini untuk belajar membuat kue dan ke sini untuk belajar membuat kue bolu. Kami masih terus akan menyajikan berbagai macam kue jenis lain di postingan selanjutnya. Selamat mencoba berbagai resep cara membuat kue dari kami.

    LihatTutupKomentar