Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah, Makalah, Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian

    Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah, Makalah, Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian Yang Benar

    cara membuat kata pengantar

    Tidak banyak sedikit bagi rekan-rekan akademi yang mengalami kesusahan dalam penulisan kata pengatar yang benar dan baik, untuk sebuah karya ilmiah,proposal,makalah ataupun skripsi tugas akhir. maka disini penulis akan berbagi tentang informasi mengenai contoh kata pengantar dan penulisan kata pengatar yang benar.

    Penulisan kata pengantar sangat penting karena kata pengantar berada pada bagian depan setelah halaman judul dan sebelum daftar isi. Dalam tiap penulisan karya tulis makalah, skripsi, proposal, dan laporan membutuhkan kata pengantar supaya pembaca bisa pahami ulasan atau dasar persoalan karya tulis itu.

    sebelum mengetahui tentang contoh-contoh kata pengantar, selbih baik pahamin trlebih dahulu apa itu kata pengantar.

    Pengertian Kata Pengantar

    Menurut KBBI, Kata pengatar merupakan Kata yang sifatnya pendahuluan atau pandangan umum jelas dan singkat sebagai bentuk pendahuluan suatu karya tulis.

    Struktur Kata Pengantar

    struktur kata pengantar di bedakan menjadi 3, yaitu:

    1. Sisi Pembuka

    yang pertama adalah sisi pembuka yang memuat tentang rasa syukur atas terselesainya suatu karya semisal :

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan HidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Judul Karya yang kamu buat ” sebagai persyaratan dalam memenuhi "tujuan dari karya kamu".

    2. Sisi Isi

    yang kedua dari segi sisi kata pengantar adalah isi kata pengantar, disisi isi ini penulis mengutarakan beberapa nama yang berperan dalam terselesainya karya kamu, semisalnya :

    Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:
    1. Koordinator Mata Ajar Sistem Informasi Akuntasi
    2. Staf pengajar Mata Ajar Sistem Informasi Akuntansi
    3. Rekan-rekan Program Sarjana dan Universitas kamu.
    4. Teman-teman saya yang telah memberi dukungan baik matei, moril maupun support.
    Yang telah memberikan bimbingan dan bantuannya dalam penyusunan Makalah ini sehingga penulis dapat menyelesaikannya tepat waktu.

    3. Sisi Penutup

    Yang terakhir dari bagian kata pengantar adalah bagian penutup. Sementara sisi penutup berisi harapan penulis dan permintaan maaf bilamana ada kekeliruhan dalam pengerjaan suatu karya dan di akhiri dengan tanda tangan pembuat.

    Kata pengantar biasanya berisikan salam pembuka. Artinya salam pembuka umumnya terkait dengan landasan pertimbangan mengapa judul/topik makalah itu diputuskan untukdibahas. Namun, landasan pertimbangan yang dicatat cuman sepintas saja, dan disudahi dengan tanda-tangan pembikin makalah. Berikut Contoh kata pengantar:

    Contoh Kata Pengantar Makalah Individu

    KATA PENGANTAR

    Puji  syukur kami panjatkan  ke  hadirat  Allah  SWT.  karena  atas  rahmat,  karunia serta kasih sayangnya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai [tulis judul makalah kamu] ini dengan  sebaik  mungkin.  Sholawat  serta salam  semoga  tetap tercurah kepada Nabi terakhir, penutup para Nabi sekaligus satu-satunya uswatun hasanah kita,Nabi Muhammad SAW. tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada [nama dosen/guru kamu] selaku dosen mata kuliah [mata kuliah/mata pelajaran kamu]". 

    Dalam  penulisan makalah ini, kami menyadari masih banyak terdapat kesalahan dan kekeliruan, baik yang berkenaan dengan materi pembahasan maupun dengan teknik pengetikan, walaupun demikian, inilah usaha maksimal kami selaku para penulis usahakan. 

    Semoga dalam makalah ini para pembaca dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan diharapkan kritik yang membangun dari para pembaca guna memperbaiki kesalahan sebagaimana mestinya.

    Tempat,tanggal pembuatan

    ditulis nama penyusun

    Contoh Kata Pengantar Makalah

    KATA PENGANTAR

        Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan HidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “ [Isi dengan judul dari makalah kamu] ” sebagai persyaratan dalam memenuhi [isi dengan tujuan dari makalah, apa untuk UTS/UAS dan jangan lupa diisi mata pelajarannya].
        Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:

    1. Koordinator Mata Ajar [mata pelajaran kamu]
    2. Staf pengajar Mata Ajar [mata pelajaran kamu]
    3. Rekan-rekan Program [isi akademi kamu]
    4. Suami dan Anak-anakku yang telah memberi dukungan baik matei, moril maupun support.

    Yang telah memberikan bimbingan dan bantuannya dalam penyusunan Makalah ini sehingga penulis dapat menyelesaikannya tepat waktu.
        Harapan penyusun, Makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umunya dan dapat menjadi sumber pengetahuan bagi mahasiswa keperawatan pada khususnya.

    Tempat, Tanggal Bulan Tahun


    Penyusun

     

    Contoh Kata Pengantar Skripsi

    KATA PENGANTAR
        Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “[Judul Skripsi Kamu]”, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) [Isi dengan Jurusan, Fakultas, Universitas]. Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya dukungan, bantuan, bimbingan, dan nasehat dari berbagai pihak selama penyusunan skripsi ini.
            Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada:
    1. Nama Dekan, selaku Dekan Fakultas [Fakultas dan Universitas Kamu].
    2. Nama Dosen Pembimbing, selaku dosen pembimbing skripsi atas segala bimbingan, arahan serta saran yang diberikan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
    3. Nama Dosen Wali, selaku dosen wali yang telah membantu penulis dalam mengikuti dan menyelesaikan studi di Fakultas [Fakultas dan Universitas Kamu].
    4. Seluruh staff pengajar Fakultas [Fakultas dan Universitas Kamu] yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang tak ternilai selama penulis menempuh pendidikan di Fakultas [Fakultas dan Universitas Kamu].
    5. Kedua orang tua penulis, [Nama Bapak dan Ibu Kamu], yang selalu memberikan kasih sayang, doa, nasehat, serta atas kesabarannya yang luar biasa dalam setiap langkah hidup penulis, yang merupakan anugrah terbesar dalam hidup. Penulis berharap dapat menjadi anak yang dapat dibanggakan.
    6. Adek dan Kakak penulis tercinta, [Namanya], terima kasih atas doa dan segala dukungan.
    7. My Lovely, [Nama Kekasih Tercinta], yang selalu memotivasi, mendukung, dan menemani penulis. Terimakasih atas kesabaran dan kasih sayang yang diberikan.
    8. [Nama Sahabat Penulis] yang menjadi sahabat penulis dengan ketulusan hati selalu mendukung, berbagi suka dan duka, dan melewati 4 tahun bersama-sama penulis.
    9. Teman-teman penulis selama berada di Fakultas [Fakultas dan Universitas Kamu]. [Isi dengan nama-namanya]. Terima kasih atas bantuan, saran, diskusi, serta kerja samanya.
    10. Seluruh teman-teman penulis di Fakultas [Fakultas, Universitas, dan tahun angkatan Kamu] yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu. Terimakasih atas pertemanan selama ini.
    11. [Nama teman-teman main kamu] Terima  kasih  atas kesenangan, canda tawa yang membahagiakan dan menjadi keluarga baru bagi penulis.
    12. Seluruh responden yang telah memberikan waktu dan informasi untuk membantu penyelesaian skripsi ini.
    13.Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu, yang telah dengan tulus ikhlas memberikan doa dan motivasi sehingga dapat terselesaikannya skripsi ini.
           Dalam penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, karena itu segala kritik dan saran yang membangun akan menyempurnakan penulisan skripsi ini serta bermanfaat bagi penulis dan para pembaca.
    Tempat, Tanggal Bulan Tahun
    Penulis,

     

    Nama Kamu

    Contoh kata Pengantar laporan Kerja Praktek

    Saya ucapkan rasa syukur kami kepada tuhan yang Maha Esa atas kesehatan dan kekuatan kepada kami untuk bisa menulis laporan ini. Berkat Tuhan Yang Maha Esa telah kami di beri kekuatan dan kemampuan untuk membuat menulis dan menyelesaikan laporan praktek kerja nyata di ruang VIP Rumah Sakit Daerah Sumbersuko kabupaten lumajang.

    Praktek kerja nyata ini kami lakukan atas bimbingan dari Ibu pembimbing Ibu Chayati sudiro Mkes. Dengan bimbingan dari beliau kami berhasil menyeleseikan praktek kerja lapangan dan membuat study kasus dengan judul Perawatan luka bakar pada anak. Kami sadar bahwa masih banyak kekurangan dari laporan yang kelompok kami buat ini. Untuk itu kami akan dengan senang hati menerima setiap masukan dan saran dari para pembaca semua.

    Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Atas segala kekurangan baik kekurangan yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja dalam penulisan laporan ini kami ucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya.

    Tempat, Tanggal Bulan Tahun
    Nama Penulis 

    Contoh Kata Pengantar Proposal Kegiatan.

    Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa atas karunia dan rahmat yang telah di berikan kepada kita semua. Dengan pertolonganNyalah kami sanggup menyelesaikan pembuatan proposal kegiatan ini.
    Kami sebagai ketua karang taruna desa Ngadilangkung Berencana akan mengadakan kegiatan pengajian akbar dalam rangka memperingati hari Isrok mikroj yang akan di adakan pada tanggal 12 september 2014. Kami juga bekerja sama dengan remaja masjid Alhuda. Kami berharap bapak dan ibu semua bisa berpartisipasi dalam memberi bantuan semampunya. Terlampir daftar kegiatan dan estimasi dana yang di butuhkan.
    Tempat, Tanggal Bulan Tahun 
    Nama Penulis  

    demikanlah informasi mengenai contoh kata pengantar yang baik. semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam pembuatan kata pengantar. cukup sekian dan terimakasih telah mengunjungi blog pakoleh.com semoga bermanfaat, wassalammualaikum.wr.wb.

    LihatTutupKomentar