Contoh Makalah berdasarkan sistematika penulisan makalah yang benar

    Contoh Makalah berdasarkan sistematika penulisan makalah yang benar

    sistematika penulisan makalah yang benar
    Pengertian Makalah

    Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang mengulas satu topik tertentu yang tercakup dalam ruangan cakupan pengetahuan dan bentuknya resmi, hingga semua kalimat dan kata yang ada didalamnya harus mengikut aturan EYD yang benar dan baik. Pada umumnya makalah mempunyai klasifikasi yang terdiri jadi empat sisi, yaitu pendahuluan, study kepustakaan, ulasan, dan penutup atau simpulan.

    Saat sebelum membuat makalah tentu saja kamu harus tahu selengkapnya, apakah itu pemahaman makalah? mengenal ciri-ciri atau karakteristik dan susunannya. 

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) "makalah ialah tulisan sah mengenai satu pokok. Dasar yang diartikan akan untuk dibacakan didepan umum pada suatu persidangan dan yang kerap diatur untuk diedarkan. Disamping itu makalah mempunyai makna karya tulis mahasiswa atau pelajaran. Sebagai laporan hasil penerapan pekerjaan perguruan tinggi atau sekolah"

    Disamping itu, ada banyak pemahaman makalah menurut beberapa pakar. Menjadi landasan pemahaman makalah selain pemahaman dari KBBI, yaitu sebagai berikut.

    W.J.S Poerwadarminta
    Makalah adalah rincian tercatat yang mengulas satu permasalahan tertentu disampaikan untuk mendapatkan ulasan lebih lanjut.

    Panuti Sudjiman

    Makalah bisa diartikan sebagai cerita prosa, bukan narasi buatan yang mengulas dasar tertentu. Umumnya makalah termuat di majalah atau koran, tetapi makalah juga bisa sebuah buku antologi.

    A.E. Fachrudin

    Makalah adalah tipe pekerjaan kuliah yang perlu dituntaskan secara tercatat, baik sebagai hasil ulasan buku "book report" atau sebagai hasi cerita mengenai satu dasar persoalan.

    Siswoyo Harjodipuro

    Makalah adalah satu karya tulis, baik yang dicatat oleh beberapa mahasiswa sebagai penyelesaian pekerjaan mata kuliah atau yang dicatat oleh beberapa sarjana sebagai hasil penyidikan atau study.

    Tanjung dan Ardial

    Makalah ialah karya tulis yang berisi pertimbangan mengenai satu permasalahan topik tertentu yang dicatat secara struktural dan runtut dengan dibarengi riset yang netral dan rasional.

    Surakmad

    Makalah bisa diartikan sebagai semua tipe pekerjaan kuliah yang perlu dituntaskan secara tercatat, baik sebagai hasil ulasan buku atau sebagai hasil cerita mengenai suatu hal dasar persoalan.

    Karakteristik Makalah

    1. Makalah sebagai hasil riset dari laporan penerapan satu aktivitas yang ada di atas lapangan mengenai satu persoalan yang terjadi
    2. Makalah bisa memberikan kekuatan seorang mengenai pengetahuan teori atau beberapa sumber yang dipakai untuk membuat sebuah makalah.
    3. Makalah bisa dipakai untuk mendemokan kekuatan yang dipunyai saat membuat bermacam jenis sumber info dalam menuntaskan persoalan.
    4. Makalah bisa dipakai untuk mendemokan pengetahuan teori atau kekuatan dalam mengaplikasikan prosedur-prosedur yang memiliki hubungan dengan persoalan.

    Sistematika Penulisan Makalah

    Untuk membuat makalah, kita harus tahu lebih dulu klasifikasi dalam penulisan makalah. Klasifikasi makalah pada dasarnya terdiri dari tiga bab atau sisi khusus dan di dalamnya meliputi bagian-bagian lainnya.

    PENDAHULUAN

    Pendahuluan berisi mengenai masalah yang akan diulas, yaitu mencakup:

    Background, didalamnya menerangkan mengenai faedah dan keutamaan judul atau topik untuk diulas. Rumusan permasalahan yakni, didalamnya meliputi mengenai ruangan cakupan atau rumusan persoalan sebagai batas masalah.

    Tujuan dan maksud penulisan, yakni sisi yang berisi mengenai keterangan tujuan penulisan makalah dan arah yang berisi mengenai hal yang diharapkan sesuai kerangka masalah yang akan diulas.

    ULASAN

    Dalam sisi ulasan, didalamnya sebagai rincian yang berkaitan dengan rumusan masalah. Mencakup ulasan singkat teori simpatisan berdasar pengkajian pustaka atau bahan rujukan yang dipakai. 

    Sisi ulasan pada intinya untuk mengulas persoalan dengan alternative perpecahan permasalahan yang ditelaah yang dapat ditolong dengan factor penghalang dan simpatisan. Sisi ini jadi sisi isi khusus makalah, karena jadi ulasan luas persoalan topik yang diulas.

    PENUTUP

    Penutup jadi bab paling akhir makalah berisi mengenai penegasan isi dari makalah. Dirumuskan secara jelas, singkat, dan tegas di dalamnya mencakup:

    • Ringkasan, sebagai sisi yang berisi jawaban dan persoalan berbentuk rangkuman persoalan
    • Anjuran, sebagai sisi yang berbentuk saran atau opini dari penulis yang merujuk pada materi ulasan

    Kecuali ke-3 susunan khusus dalam makalah di atas, ada juga sisi pendukung dalam pengerjaan makalah, yang mencakup:

    • Lembar Judul
    • Lembar Legitimasi/pengesahan
    • Kata Pengantar
    • Daftar Isi
    • Daftar Gambar (bila ada)
    • Daftar tabel (bila ada)
    • Daftar Pustaka
    • Tambahan-lampiran

    Dalam penulisannya untuk sisi atau bab pertama tersimpan sesudah daftar isi. Untuk memudahkan penulisan, saat sebelum penulisan makalah kamu dapat membuat rangka isi ulasan yang akan dimuat.

    Contoh Makalah berdasarkan sistematika penulisan makalah yang benar

    Sebelum membuat makalah sebaiknya lebih baik mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri makalah dan jenis-jenis makalah.

    COVER MAKALAH

    Pada cover makalah ini, biasanya kita isi dengan beberapa keterangan, Seperti : tugas kelompok, judul makalah yang dibuat, nama dosen/guru pengajar, logo universitas/sekolah, serta nama dan NIM sobat (atau mungkin anggota kelompok sobat).

    Jika teman ingin mengetahui cara membuat makalah, Baca juga: Pembuatan Cover Makalah yang Baik dan Benar

    KATA PENGANTAR

    Kata pengantar biasanya berisikan salam pembuka. Artinya salam pembuka umumnya terkait dengan landasan pertimbangan mengapa judul/topik makalah itu diputuskan untukdibahas. Namun, landasan pertimbangan yang dicatat cuman sepintas saja, dan disudahi dengan tanda-tangan pembikin makalah. Berikut Contoh kata pengantar:

    KATA PENGANTAR

    Puji  syukur kami panjatkan  ke  hadirat  Allah  SWT.  karena  atas  rahmat,  karunia serta kasih sayangnya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai [tulis judul makalah kamu] ini dengan  sebaik  mungkin.  Sholawat  serta salam  semoga  tetap tercurah kepada Nabi terakhir, penutup para Nabi sekaligus satu-satunya uswatun hasanah kita,Nabi Muhammad SAW. tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada [nama dosen/guru kamu] selaku dosen mata kuliah [mata kuliah/mata pelajaran kamu]". 

    Dalam  penulisan makalah ini, kami menyadari masih banyak terdapat kesalahan dan kekeliruan, baik yang berkenaan dengan materi pembahasan maupun dengan teknik pengetikan, walaupun demikian, inilah usaha maksimal kami selaku para penulis usahakan. 

    Semoga dalam makalah ini para pembaca dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan diharapkan kritik yang membangun dari para pembaca guna memperbaiki kesalahan sebagaimana mestinya.

    Tempat,tanggal pembuatan

    ditulis nama penyusun

    DAFTAR ISI

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR...……………………………………………………………..ii DAFTAR ISI  ………………………………………..……………………………..iii
    BAB 1 : PENDAHULUAN……………………….....................……...……………1
    BAB 2 : TINJAUAN LITERATUR…………………………….............…………...2
                    A. TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI……………………............……3
                    B. PENERAPAN DI INDONESIA…………………………….............…4
    BAB 3 : PENUTUP
                    A. KESIMPULAN………………………………………………..............5
                    B. SARAN………………………………………………………...............5
    DAFTAR PUSTAKA

    Jika teman ingin membuat Daftar isi, Baca Juga : Pembuatan Daftar Isi di Microsoft Word

    BAB I PENDAHULUAN

    • Latar Belakang

    Latar  belakang,berisi hal-hal  yang  melatar belakangi  pembuatan  makalah  sesuai dengan  topik  yang  akan dibahas.  Pada  bagian  ini  juga  harus  terlihat  landasan pemikiran tentang topik dan permasalahan yang akan dibahas.

    • .Pembatasan Masalah

    Pembatasan masalah, mengungkapkan cakupan masalah  yang akan dibahas. Masalah yang  terlalu  luas  harus  dibatasi  supaya  pembahasan  lebih  terfokus.  Pembatasan  juga dapat berisi penjelasan tentang peristilahan yang digunakan dalam karya tulis.

    • Manfaat dan Tujuan Makalah

    Tujuan Penulisan,menjelaskan tentang tujuan yang hendak dicapai pada makalah tersebut.
    • Sistematika Penulisan

    Sistematika Penulisan,berisikan penjelasan penulis terhadap urutan bab per bab.Contoh:Makalah disusun dengan urutan sebagai berikut:

    Bab  I  Pendahuluan,  menjelaskan  latar  belakang,  pembatasan  masalah,  dan sistematika penulisan

    Bab  II  Pembahasan,  menjelaskan  tentang strategi  kepala  sekolah  yang pembahasannya dibuat menjadi tiga sub judul, yaitu:

    1)Strategi pembahasannya terdiri  dari pengertian strategi,  jenis strategi,tujuan strategi,

    2)Kepala  Sekolah pembahasannya terdiri  dari  pengertian kepala sekolah,peran kepala sekolah,  karakteristik profesi kepala sekolah,  indikator keberhasilan kepala sekolah. 

    Bab III Penutup, menjelaskan kesimpulan dan saran dari makalah kamu.

    BAB II PEMBAHASAN

    Pada bab II berisi mengenai ulasan yang berisi riset mengenai pengetahuan maupun teori yang telah pernah diulas oleh beberapa pakar terkait dengan topik makalah/paper yang diputuskan.

    Materi yang diulas secara teoritis dihubungkan dengan program ringkas teori/pengetahuan itu dalam realita kehidupan sehari-harinya.Untuk tuliskan teori yang diambil dari beberapa pakar sertakan identitas buku (nama penulis, judul buku, tempat terbit, tahun terbit dan halaman cuplikan yang diambil),hingga sumbernya terang dan jelas

    Penyampaiannya bisa memakai bermacam media seperti grafik, tabel, diagram, atau informasi grafis yang lebih gampang untuk dimengerti. jika data yang sukses diketemukan sebagai hasil dari interviu, karena itu data yang dimasukkan berbentuk cuplikan dari pembicara.

    BAB III STUDY KASUS

    Pada bab ini kita hubungkan  materi makalah yang kita bahas dengan studi kasus yang ada pada zaman sekarang ( yang anda alami saat ini). Tapi biasanya hanya beberapa dosen yang memberi perintah untuk mencantumkan studi kasus ini.

    BAB  IV PENUTUP

    • Kesimpulan (Bukan Ringkasan/Pokok isi dari Makalah)

    Kesimpulan berisi tentang simpulan akhir dari pembahasan yang sudah dibuat. Penulisan kesimpulan singkat dan jelas, tidak panjang seperti pembahasan.

    • Saran

    Saran makalah berupa masukan/usulan dan saran dari penulis yang berkaitan dari isi makalah.

    Contoh:Adapun saran pada makalah ini sebagai berikut:

    1.Sebaiknya kepala sekolah terus memperbaiki kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah agar tidak ditemukan adanya kepala sekolah yang memiliki kelemahan dari salah satu kompetensi kepala sekolah tersebut.

    2.Diperlukan  dukunganyang  penuh  dari  parastakeholedersekolah agar strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan.

    DAFTAR PUSTAKA

    Daftar pustaka makalah berisi semua sumber yang dipakai dalam pengerjaan makalah. Kepustakaan ini bisa berbentuk buku, media massa, majalah, info dari situs internet dan lainnya. 

    Perannya untuk memperlihatkan ke pembaca beberapa sumber data dan teori dalam makalah hingga bisa membuat keyakinan pembaca pada keilmiahan makalah. 

    Klasifikasi penulisannya secara urut dan komplet ialah nama penulis(ditulis tanpa gelar dan dibalik), judul buku/kreasi (dicatat dengan huruf capital tiap awalnya kata terkecuali kata depan dan buat miring), tempat terbit,nama penerbit, tahun terbit.

    Dengan mengetahui berbagai contoh makalah berdasarkan sistematika penulisan makalah di atas, diharapkan kamu bisa membuat makalah yang baik dan benar untuk karya tulis yang sedang kamu buat. terimakasih.

    LihatTutupKomentar